Mengenal Istilah Fidusia dalam Gadai BPKB Mobil

mengenal istilah fidusia dalam gadai bpkb mobil

Ada istilah menarik yang cukup familier jika membicarakan tempat gadai BPKB mobil di Jakarta Selatan. Sebenarnya istilah ini tidak hanya di tempat gadai saja, namun umum di semua lembaga pembiayaan.

Di dalam proses pinjaman dengan jaminan BPKB, umum dikenal dengan istilah fidusia. Sebuah sistem yang tujuan utamanya adalah untuk jaminan keamanan di dalam pemberian pinjaman.

Sebagai pihak yang ingin mengajukan pinjaman, sudah seharusnya Anda memahami apa itu sistem fidusia. Jangan hanya berpikir jika tempat gadai mobil bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang tengah Anda hadapi.

Sistem Fidusia dalam Proses Pemberian Pinjaman

Di atas tadi sedikit sudah disinggung jika sistem tujuan utama sistem fidusia ini adalah sebagai jaminan keamanan di dalam pemberian pinjaman. Itulah mengapa sistem ini akan selalu disematkan di dalam proses tersebut. Nah, sistem fidusia ini sendiri bisa dipahami sebagai sistem kepercayaan.

Maksudnya bagaimana? Yang dimaksud dengan sistem fidusia adalah pemberi pinjaman tidak ada paksaan sama sekali dalam memberikan pinjaman yang sudah diajukan oleh pemohon atau debitur sesuai dengan nilai jaminannya. Nah, dalam hal ini bisa dikatakan jaminannya berupa BPKB mobil.

BPKB mobil yang dijaminkan oleh debitur ini kemudian akan disimpan oleh lembaga gadai atau kreditur. Nah, ketentuan ini akan terus berlaku sampai debitur melakukan pelunasan sesuai dengan kesepakatan antara kreditur dan debitur.

Fungsi Jaminan Fidusia

Dengan adanya jaminan fidusia, yang dalam hal ini adalah BPKB mobil, membuta kedua belah pihak memiliki tanggung jawab yang sama. Dalam hal ini debitur diwajibkan untuk rutin melakukan pembayaran hingga batas tenornya selesai.

Di sisi lain, kreditur pun memiliki kewajiban untuk menyimpan jaminan yang dalam hal ini berupa BPKB mobil. Kreditur pun memilih hak untuk melelang mobil jika debitur tidak mampu melunasi pinjaman sesuai dengan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Umumnya perjanjian seperti ini akan dibuat pada saat proses pengajuan pinjaman. Nantinya kedua belah pihak akan sama-sama menandatangani sebuah berkas yang dijadikan sebagai bukti kesepakatan antara kedua belah pihak. Dengan demikian, akan memiliki landasan hukum yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Kelebihan Jaminan Fidusia

kelebihan jaminan fidusia

Tentunya bukan tanpa alasan kenapa sistem fidusia ini banyak diterapkan oleh tempat gadai mobil. Pasalnya baik bagi kreditur maupun debitur sama-sama diuntungkan. Misalnya saja seperti:

  • Keuntungan untuk Kreditur

Bagi kreditur, jaminan berupa BPKB mobil ini pastinya sangat dibutuhkan. Terlebih lagi pada saat debitur mengalami kesulitan untuk melunasi hutangnya. Apalagi perjanjiannya pun bisa dikatakan legal. Dan sudah pasti berlabel hukum.

Kemudian isi perjanjiannya pun sudah sangat jelas. Dengan demikian, kreditur bisa mendapatkan jaminan keuangan. Terlebih lagi pada saat kondisi debitur mengalami gagal bayar. Maka mobil yang BPKB-nya dijaminkan secara otomatis akan dijadikan sebagai alat pelunasan hutang.

  • Keuntungan bagi Debitur

Sementara bagi debitur, sistem fidusia ini membuat pencairan dana pinjaman menjadi lebih mudah dan cepat. Meskipun BPKB mobil dijadikan sebagai jaminan, Anda pun masih tetapi bisa menggunakan mobil tersebut.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah pentingnya memahami isi perjanjian sebelum Anda menandatanganinya. Apalagi perjanjian yang akan Anda lakukan ini berlandaskan hukum. Jangan sampai kemalasan untuk membacanya justru merugikan posisi Anda sendiri.

Namun terlepas dari itu semua, sistem fiduasi ini sering diterapkan oleh lembaga pembiayaan di Indonesia. Dan mungkin ini pun akan Anda temui jika ingin menjadi debitur di tempat gadai BPKB mobil di Jakarta Selatan.